Senin, 25 April 2011

10 penemuan terbesar dalam sejarah mkanusia

ada banyak penemuan besar dalam satu dekade terakhir ini berikut di antaranya 
 
1. Gletser Mencair Lebih Cepat Dari Yang Diperkirakan
Ketika abad ke-21 dimulai, para ilmuwan yang mempelajari iklim bumi memprediksi bahwa Ice-Caps raksasa di Greenland dan Antartika akan mencair perlahan-lahan di sekitar pinggiran dan tertinggal di balik pemanasan global secara keseluruhan iklim.
Tapi dekade ini adalah dekade yang terpanas sepanjang catatan sejarah perikliman, membuktikan ada model iklim yang salah.
Gletser telah mencair lebih cepat dari yang diharapkan dan peneliti telah mencari tahu mengapa hal ini bisa terjadi.
The Uptick pencairan es belum terbatas pada Kutub Utara dan Antartika. Gletser Eropa sekarang dianggap memasuki masa dekade terakhir mereka.
Salju Kilimanjaro yang terkenal dan lintang rendah gunung bisa hilang sepenuhnya. Tebal laut es abadi di Arktik menghilang dengan cepat, yang kemungkinan akan membawa musim panas es bebas ke Samudra Arktik.
Ada konsekuensi global untuk pencairan ini. Air laut yang pasang akan membuat kota lebih dan pulau rentan terhadap bencana seperti banjir yang hampir menghancurkan New Orleans.Gunung gletser di seluruh dunia membawa air segar bermilyar-milyar liter. Dengan cara apapun Anda memikirkan masalah itu, Bumi dengan es kurang akan menjadi sebuah planet yang kurang ramah.

2. Genom Manusia Berhasil Dipetakan
Genom manusia melingkar di dalam setiap sel manusia duduk 23 molekul yang jika dibatalkan dan akhir ditempatkan ke ujung, akan terbentang sekitar tiga meter. Mereka merupakan molekul, yang lebih dikenal sebagai kromosom, berisi semua instruksi yang diperlukan untuk membangun seluruh bagian tubuh manusia.
Butuh waktu lebih dari 10 tahun dan kerjasama internasional ilmuwan untuk memetakan genom ini, tapi tahun 2000 melihat draft kasar genom manusia keseluruhan, diikuti dengan versi yang selesai pada tahun 2003.
The Human Genome Project yang didanai publik dan pesaing pribadi, Celera Genomics, merupakan salah satu upaya ilmiah terbesar dalam sejarah, salah satu yang terungkap dalam detail yang intim tentang apa sajakah yang membentuk manusia secara keseluruhan.
Dengan informasi dari peta genom individu, para ilmuwan dapat mengungkap petunjuk baru tentang segala sesuatu dari bau badan seseorang untuk penyakit mental.
Sejak decoding genom manusia, puluhan spesies lain memiliki genom mereka sequencing, termasuk babi, anjing, lebah, nyamuk, ikan kembung, simpanse, ragi, jagung, dan beras. Dengan ditemukannya pemetaan ini, para ilmuwan dapat dan akan menemukan cara baru untuk menyembuhkan penyakit atau meningkatkan hasil panen.

3. Permukaan Mars Memberikan Tanda Air
Pada tahun 2008, astronot NASA, Mars Phoenix mendarat di Planet Merah (Mars) untuk mengkonfirmasi keberadaan air dan mencari tanda-tanda senyawa organik.

Delapan tahun sebelumnya, Mars Global Surveyor melihat apa yang tampak seperti selokan diukir ke samping dengan mengalirkan air. Baru-baru ini, Mars Exploration Rovers telah menemukan mineral yang juga menunjukkan keberadaan air kuno. Tetapi bukti air modern itu sulit dipahami.
Kemudian Phoenix, mendarat di tanah dekat Kutub Utara, dan melakukan beberapa penggalian untuk sampel yang akan digunakan untuk menganalisis. Selama menggali, kamera onboard melihat serbuk putih di tanah yang baru digali. Dalam gambar terlihat perbandingan pada saat ditemukan dengan keesokan harinya, bubuk perlahan-lahan lenyap. Setelah analisis secara intens, bubuk putih dipastikan sebagai es air.
Penemuan ini tidak hanya mengkonfirmasi keberadaan air di Planet Merah, dengan harapan bahwa beberapa jenis kehidupan mikroba mungkin menggunakan pasokan air untuk bertahan hidup.

4. Sel induk Ditemukan di Sumber Baru
Pada tahun 2001, Presiden George W. Bush memotong dana federal untuk ilmuwan yang bekerja dengan sel batang embrio - ditemukan di sebuah bola, kecil berongga dari sekitar 70-100 sel manusia yang bisa menjadi apa pun dalam tubuh manusia - karena masalah etika.
sel batang embrio adalah salah satu kemajuan medis yang paling menjanjikan di tahun itu, dengan potensi untuk menyembuhkan penyakit dari diabetes untuk kanker kelainan genetik, dan banyak lagi.
Pada tahun 2007, para ilmuwan dari Kyoto University dan University of Wisconsin-Madison, bekerja terpisah, pada dasarnya berbalik jam untuk sel-sel kulit orang dewasa, yang memungkinkan sel-sel matang, yang diprogram untuk menjadi kulit, untuk bertindak seperti sel-sel batang embrio. Sel-sel dewasa menjadi sel pluripoten, atau sel yang bisa berakhir menjadi hampir semua jenis lain dari sel.
Sel-sel dewasa pluripoten menyelesaikan dua masalah besar. keprihatinan etis dan pembatasan keuangan dapat dihindari, dan dokter akhirnya bisa menggunakan sel-sel dengan DNA sendiri seseorang untuk tumbuh organ pengganti yang pasien akan kecil kemungkinannya untuk menolak.

5.Manusia Bergabung Dengan Mesin (Cyborg)
Cyborg menjadi kenyataan. Dalam dekade terakhir, banyak kemajuan telah dibuat dengan orang mengendalikan kaki robot dan komputer dengan pikiran mereka.
Pada tahun 2000, para peneliti di Duke University Medical Center menanam elektroda di otak monyet dan kemudian melatih mereka untuk meraih makanan menggunakan lengan robot. Seperti neurochip bisa satu hari mengembalikan fungsi motorik pada pasien lumpuh.
Sebuah tim dari MIT Media Lab Eropa mengembangkan metode non-invasif untuk mengangkat gelombang otak dan pada tahun 2004, digunakan sinyal yang untuk pertama kalinya untuk mengontrol gerakan karakter permainan video.
Anggota badan Robotic dioperasikan dengan sinyal saraf debutnya pada tahun 2001 di Institut Rehabilitasi Chicago. Di sana, Jesse Sullivan, sebuah diamputasi ganda, menggunakan metode untuk mengontrol kedua lengan robot-nya.

Dan pada tahun 2009, diamputasi Pierpaolo Petruzziello belajar untuk mengendalikan tangan biomekanis terhubung ke saraf tangannya dengan kabel adil dan elektroda. Petruzziello menjadi orang pertama yang membuat gerakan kompleks - jari menggeliat, tinju, menyambar benda - dengan anggota badan robot, dengan hanya menggunakan pikirannya.

6. Planet Alien Dapat Dilihat Secara Langsung
Planet-planet asing pertama - disebut exoplanets - sedang terdeteksi pada awal 1990-an, tetapi tidak secara langsung. Pada tahun 2000, astronom mendeteksi segenggam dengan mencari bintang "goyangan," atau peredupan sedikit bintang sebagai planet ekstrasurya lewat di depannya. Hari ini kita telah mengetahui sekitar 400 exoplanets.
Pada tahun 2008, para astronom menggunakan Teleskop luar angkasa Hubble dan Keck inframerah dan observatorium Gemini di Hawaii mengumumkan bahwa mereka telah "melihat" exoplanets mengorbit bintang-bintang jauh. Kedua observatorium telah mengambil gambar dari dunia asing.
Pengamatan Keck adalah deteksi inframerah dari tiga exoplanets mengorbit bintang HR8799 disebut, 150 tahun cahaya dari Bumi. Hubble melihat satu planet besar mengorbit bintang Fomalhaut, 25 tahun cahaya dari Bumi.
Penemuan ini menimbulkan pertanyaan mendalam: Berapa lama harus menunggu hingga kita melihat sebuah dunia mirip Bumi dengan peradaban luar angkasa melihat kembali pada kita?

7. Nenek Moyang Manusia Terbaru Telah Ditemukan
Pada tahun 2002, para peneliti di Chad utara menggali 6 - untuk tengkorak 7-juta-tahun berusia Sahelanthropus tchadensis - dikenal sebagai Toumai. Hanya tulang tengkorak telah ditemukan, sehingga tidak dikonfirmasi apakah Toumai berjalan tegak dengan dua kaki. Tapi Toumai lain tetap membuat kasus yang kuat bahwa hal itu sangat meluas garis keturunan keluarga manusia.
Kemudian datang Ardi. Pada tahun 2009, kerangka yang hampir lengkap dari ramidus Ardipithecus, alias "Ardi," di Ethiopia timur laut menabrak "Lucy" terkenal sebagai kerangka, awal paling lengkap dari sebuah nenek moyang manusia yang pernah ditemukan.
The Ardi 4.4-juta-tahun bisa berjalan dengan dua kaki, tetapi juga pohon pemanjat-terampil. Giginya membuat ia mampu memakan berbagai jenis makanan. Dan ilmuwan berteori bahwa pria dan wanita mungkin telah berpasangan saat ini, secara signifikan meningkatkan kelangsungan hidup, karena perempuan bisa meningkatkan orangtua mereka sementara laki-laki menyediakan makanan.
Jika studi terbukti benar, Ardi menandai terdekat kita datang untuk menemukan nenek moyang terakhir dari simpanse dan manusia.

8. Eksistensi Benda Gelap Dibuktikan Keberadaannya
Pada musim panas tahun 2006, para astronom membuat pengumuman yang membantu manusia memahami kosmos sedikit lebih baik: Mereka memiliki bukti langsung mengkonfirmasi keberadaan materi gelap - walaupun mereka masih tidak dapat mengatakan apa sebenarnya barang tersebut.
Bukti belum pernah terjadi sebelumnya berasal dari inti gas dan bintang melemparkan ke atas sehingga menghancurkan antara dua kelompok besar galaksi di Cluster Bullet.
Sampai saat itu, keberadaan materi gelap itu disimpulkan oleh fakta bahwa galaksi hanya memiliki seperlima dari hal yang terlihat yang diperlukan untuk menciptakan gravitasi yang membuat mereka utuh. Jadi sisanya harus terlihat oleh teleskop: Itu hal gaib adalah "gelap."

Pengamatan dari Bullet Cluster, secara resmi dikenal sebagai cluster galaksi 1E0657-56, tidak menjelaskan apa materi gelap. Mereka itu, bagaimanapun, memberi petunjuk peneliti bahwa partikel materi gelap bertindak dengan cara tertentu, yang penelitian masa depan dapat membangun.

9. Jaringan Dug Dari Tulang T-Rex
Pada tahun 2005, Maria Higby Schweitzer dan rekan-rekannya dilaporkan dalam Ilmu penemuan apa yang tampak seperti jaringan lunak - pembuluh darah, sel-sel matriks dan tulang - tulang paha fosil di dalam daging seekor T-Rex kecil.
Sejak itu, tulang T-Rex telah mengungkapkan asam amino yang mirip dengan ayam modern, peternakan yang berhubungan antara dinosaurus dan burung.
Penemuan Schweitzer berasal dalam satu dekade mendapatkan petunjuk yang menakjubkan lainnya tentang bagian-bagian lunak dinosaurus.
Pada tahun 2004, salah satu dari beberapa mumi dinosaurus yang pernah ditemukan - sebuah menakjubkan terpelihara hadrosaur 66-juta-tahun dengan utuh, kulit kebanyakan mineralisasi - digali dari sebuah peternakan di North Dakota.
Kemudian, pada bulan Juni 2009, peneliti mengumumkan mereka telah molekul terisolasi yang berhubungan dengan jaringan kulit lunak dari hadrosaur itu.

10. Pluto Eris Rocks Yang Berukuran Sebesar Tata Surya
Pada bulan Januari 2005, Mike Brown dan timnya di Observatorium Palomar, California menemukan 136199 Eris, sebuah badan kecil yang 27 persen lebih besar dari Pluto. Pluto Eris telah hadir dan menjadi badan 9 terbesar diketahui mengorbit matahari.
Pada tahun 2006, Persatuan Astronomi Internasional (IAU) memutuskan bahwa kemungkinan menemukan mayat berbatu lebih kecil di luar tata surya begitu tinggi bahwa definisi "planet" perlu dipertimbangkan kembali. Hasil akhir: Pluto telah direklasifikasi sebagai planet kerdil. Pluto mengakuisisi "penanda planet minor" di depan namanya: "134340 Pluto."
2005 penemuan Mike Brown dari Eris adalah pemicu yang mengubah wajah tata surya kita, mendefinisikan planet Pluto dan menambahkan sebuah keluarga yang berkembang planet kerdil.

link : http://www.dickyrenaldy.tk/2011/02/10-penemuan-terbesar-dalam-satu-dekade.html#ixzz1KWJvriSU

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar